Tuesday, November 12, 2013

Cara Melatih Kesabaran (Kultum Takwin oleh Bu Siti Nurhayati)

Bu Siti dalam kesempatan kultum takwin pada hari Kamis, 7 November 2013 menyampaikan cara melatih kesabaran menurut Musthapa Al Ghalyani.  Adapun cara yang disarankan oleh beliau adalah :
1. Berfikir positif terhadap cobaan yang menimpa hidup kita.
2. Dengan banyak melakukan amalan - amalan sunah (berzikir, membaca Al Quran dan sholat malam). Tipsnya adalah lakukan sedikit demi sedikit, tapi rutin.
Sahabat bertanya : bagaimana jika tidak pernah melakukan amalan sunah wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab : tentu habislah kesabaran ketika mendapat ujian. Apabila kesabaran habis maka naiklah emosi yang dapat menimbulak penyakit hati seperti putus asa, stress, benci, dendam, buruk sangka. Dalam surat Ar Rad ayat 28 yang artinya : ketahuilah hanya dengan mengingat Allah maka hati menjadi tenang.
3. Perbanyak mendengarkan kajian keislaman, agar kita dapat memahami tentang kekurangan kita.
4. Berkumpullah dengan orang-orang yang banyak ilmu agamanya.
5. Maafkan selalu kekurangan orang lain yang membuat anda marah.

Menurut AA Gym, sabar adalah ilmu tingkat tinggi, belajarnya tiap hari, sekolahnya seumur hidup, latihannya setiap saat, dan ujiannya mendadak.
Maka dari itu, kita harus senantiasa melatih diri untuk bersabar. Kesabaran dan rasa syukur adalah dua hal yang mengindahkan setiap muslim. Dalam bukunya Barakallahulaka, Salim Al Fillah mengatakan, "urusan setiap orang muslim itu indah, karena Allah meminta hambanya bersyukur ketika diberi nikmat, dan bersabar ketika hambanya diberikan ujian."
Indah bukan?

Semoga kita diberikan kemudahan untuk mempraktekkan dan terus meningkatkan tingkat kesabaran kita,
Aamiin

_admin

No comments:

Post a Comment