Thursday, November 21, 2013

Konversi Raport Manual menjadi Komputerize

Bismillahirrohmanirrohim

Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 yang mulai diterapkan di tahun ajaran ini, akan diadakan penggantian raport untuk kelas 1. Raport yang selama ini diberikan kepada wali murid akan digantikan dengan raport yang diketik dengan komputer. Hal ini dikarenakan raport yang tadinya bersifat kuantitatif dan berisi angka-angka, ditambah dengan deskripsi kepribadian siswa di setiap mata pelajarannya. Hal ini memungkinkan bagi kami karena di kelas 1, sudah menerapkan pembelajaran tematik integratif. Sehingga keperibadian siswa dalam mengikuti pelajaran sudah dapat dilihat kemudian dinilai secara deskriptif kualitatif.

Pada pembagian raport deskriptif sebelumnya di saat UTS lalu, antusiasme dan feedback dari wali murid kami anggap cukup baik. Orang tua menjadi tahu seperti apa putra-putrinya ketika di sekolah, apa yang menjadi prestasi yang menonjol, dan apa kekurangan atau hambatan yang dialami putra-putrinya. Semangat kami menjadi berlipat untuk lebih menata dan memberikan format pelaporan yang lebih baik untuk TKM semester gasal ini.

Harapan kami yang juga menjadi harapan dari kurikulum baru yang diterapkan adalah agar orang tua tidak menilai putra-putrinya dari angka-angka yang berderet di raport mereka, namun orang tua melihat proses yang dialami putra-putrinya ketika melakukan PBM. Ketika prosesnya baik, alurnya baik, settingnya baik, tujuannya baik, namun prestasi belum begitu memuaskan tidaklah harus panik atau kecewa. Insya Allah putra-putrinya akan berubah menjadi lebih baik mengikuti ritme yang telah disiapkan oleh sekolah.

Semoga Allah memudahkan dan meridhoi apa yang kami usahakan, sehingga manfaat terbaik mampu diraih oleh siswa-siswi kami khususnya, dan kami (para guru) pada umumnya.
Aamiin

_admin

No comments:

Post a Comment